Selasa, 29 April 2014

Konsep Manusia Hidup Dalam Ruang Dan Waktu



Konsep Manusia Hidup Dalam Ruang Dan Waktu
Manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang sangat erat. Tanpa sejarah manusia sebagai makhluk hidup patut dipertanyakan keberadaan dan aktifitasnya. Demikian juga dengan sejarah, tanpa manusia tak akan ada sejarah. Hal ini dikarenakan bahwa sejarah adalah peristiwa hasil dari perbuatan manusia. Terdapat tiga unsur utama dalamsejarah,yaitu manusia, ruang dan waktu. Ketiganya saling berkait dan berinteraksi secara  kronologis dan berkesinambungan sehingga membentuk suatu peristiwa sejarah.
Kesinambungan itu terjadi karena manusia dalam kehidupannya diikat  oleh waktu dan ruang. Ada masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang, ketiga-tiganya menunjukkan adanya kesinambungan. Masa lalu akan menentukan masa sekarang, dan masa sekarang akan menentukan masa depan. Jadi, sejarah pada dasarnya bukan hanya bicara masa lalu, sejarah pada dasarnya berbicara  kehidupan  manusia dalam konteks waktu dan ruang.

Konsep Waktu.
Masa lampau itu sendiri merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Tetapi, masa lampau bukan merupakan suatu masa yang final, terhenti, dan tertutup. Masa lampau itu bersifat terbuka dan berkesinambungan. Sehingga, dalam sejarah, masa lampau manusia bukan demi masa lampau itu sendiri dan dilupakan begitu saja, sebab sejarah itu berkesinambungan apa yang terjadi dimasa lampau dapat dijadikan gambaran bagi kita untuk bertindak dimasa sekarang dan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang.
Contoh Konsep Waktu
Pembagian Zaman Prasejarah di Indonesia.
Zaman prasejarah adalah suatu pembabakan dalam periode sejarah yang berlangsung cukup lama.  Ditandai dengan belum ditemukanya salah satu peradapan manusia berupa keterangan tertulis atau zaman manusia belum mengenal tulisan dan di periode ini ditandai dengan cara hidup berburu  dan memungut bahan makanan yang tersedia di alam atau disebut zaman paleolithikum atau zaman batu tua. Ciri masyarakat pada zaman ini adalah hidup sebagai masyarakat primitif. Kehidupan masyarakatnya masih memenuhi kebutuhan hidupnya pada kebutuhan kebutuhan yang paling dasar atau pokok.
Pembagian zaman prasejarah di Indonesia menurut arkeolog. Arkeologi: Ilmu kepurbakalaan yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah purbakala manusia purba berupa benda-benda budaya, artefak untuk menyusun kembali (rekonstruksi) kehidupan manusia dan masyarakat purba. Antara lain sebagai berikut :

1.      Zaman Batu : terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaan terutama dibuat dari batu di samping kayu dan tulang. Zaman batu ini diperiodisasi lagi menjadi 4 zaman, antara lain:
a.       Zaman Batu Tua (Paleolitikum)

Disini inti kegiatan sehari hari mereka adalah hidup berburu serta mereka mengumpulkan bahan makanan dari alam untuk dikonsumsi saat itu. Kegiatan seperti itu disebut peradapan  food gathering atau pengumpul makanan tahab awal.


b.      Zaman Batu Tengah (Mesolitikum)
Ciri utama peradaban ini adalah manusianya telah bertempat tinggal tetap dan diperlukan waktu ribuan tahun untuk mencapai taraf hidup tetap.manusia pada zaman ini bertempat tinggal digua yang disebut peradaban Abris Sous Roche.

c.       Zaman Batu Muda (Neolitikum)
Ciri utama zaman batu muda adalah manusia telah menghasilkan makanan atau menjadi pendukung food producing  walaupun proses kearah terbentuknya masyarakat food producing  memerlukan waktu ribuan tahun. Perubahan tersebut dianggap sebagai satu revolusi  sebab sejak saat itulah keadaan masyarakat dengan sistem sosialnya terbentuk. Manusia pendukung peradaban ini sudah bertempat tinggal menetap bercocok tanam, beternak, mengembangankan perikanan atau dengan kata lain telah mengembangkan kebudayaan agraris walaupun masih dalam tinggkatan yang masi sangat sederhana.

d.      Zaman Batu Besar (Megalitikum)
Sumber : teenvoice.co.id
Pada zaman ini adalah manusia pendukungnya telah menciptakan bangunan-bangunan besar yang terbuat dari batu. Bangunan-bangunan yang berkaitan dengan sistem kepercayaan mereka diataranya menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak dan arca. Manusia pendukung peradaban zaman batu percaya kepada roh nenek moyang serta pohon-pohon besar sebagai sistem kepercayaan mereka atau sering disebut animisme dan dinamisme.

2.      Zaman Logam
Perlu ditegaskan bahwa dengan dimulainya zaman logam bukan berarti berakhirnya zaman batu, karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Sesungguhnya nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dan dipergunakan secara dominan. Zaman logam disebut juga dengan zaman perundagian. Perkembangan zaman logam di Indonesia berbeda dengan di Eropa, karena zaman logam di Eropa mengalami 3 fase/bagian, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidak mengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan. Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut juga dengan zaman perunggu.
a.       Zaman Perunggu
Pada zaman perunggu atau yang disebut juga dengan kebudayaan Dongson-Tonkin Cina (pusat kebudayaan) ini manusia purba sudah dapat mencampur tembaga dengan timah dengan perbandingan 3 : 10 sehingga diperoleh logam yang lebih keras.

b.      Zaman Besi
Pada zaman ini orang sudah dapat melebur besi dari bijinya untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan. Teknik peleburan besi lebih sulit dari teknik peleburan tembaga maupun perunggusebab melebur besi membutuhkan panas yang sangat tinggi, yaitu ±3500 °C.

Pembagian zaman prasejarah di Indonesia menurut Geologi: ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi atau pembabakan prasejarah yang terdiri dari:
a.       Arkaekum/zaman tertua.
Zaman ini berlangsung kira-kira 2500 juta tahun, pada saat itu kulit bumi masih panas, sehingga tidak ada kehidupan.

b.      Paleozoikum / zaman primer atau zaman hidup tua.
Zaman ini berlangsung 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung.

c.       Mesozoikum/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan.
Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini, maka muncul kehidupan yang lain yaitu jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan.
d.      Neozoikum/zaman hidup baru. Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman, yaitu:
1.      Tersier/zaman ketiga.
Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primata, contohnya kera.

2.      Kuartier/zaman keempat. Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen.
a.      Zaman Pleitocen/Dilluvium
Sumber: carapedia.com
Berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba.

b.      Zaman Holocen/Alluvium
Berlangsung kira-kira 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. Pada zaman ini ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia sekarang.

Pembagian zaman prasejarah di Indonesia menurut Corak kehidupan, antara lain :

1.      Masa berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering)
Aktivitas berburu dan mengumpulkan (meramu) makanan merupakan aktivitas sederhana yang bisa dilakukan manusia ketika itu. Mereka tinggal mengambil makanan secara langsung  dari alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan atau biasa disebut food gathering.

2.      Masa bercocok tanam

Pada awal bercocok tanam, mereka melaksanakan peladangan berpindah atau pertanian lahan kering (shifting cultivation). Pelaksanaan system ini dilakukan dengan cara membuka hutan untuk ditanami dan mereka akan berpindah lokasi pertanian ke lahan yang lain apabila dirasa lahan yang mereka tanami sudah tidak produktif lagi. System peladangan dapat dilaksanakan oleh mereka ketika jumlah penduduknya masih sedikit, dan hutan sebagai lahan pertanian masih luas. Karena jumlah penduduk bertambah, kebutuhan bahan makanan semakin banyak dan akibatnya system perladangan lambat laun menjadi tidak efektif lagi, ditambah lahan pertanian yang diubah menjadi lahan pemukiman.




3.      Masa pertukangan (perundagian)

Masa di mana manusia sudah mengenal pengolahan logam. Hasil-hasil kebudayaan yang dihasilkan terbuat dari bahan logam. Adanya penggunaan logam, tidaklah berarti hilangnya penggunaan barang-barang dari batu. Pada masa perundagian, manusia masih juga menggunakan barang-barang yang berasal dari batu. Penggunaan bahan dari logam tidak begitu tersebar luas sebagaimana halnya bahan dari batu. Persediaan logam sangat terbatas. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki barang-barang dari logam.

4.      Masa mengenal kepercayaan
Pada saat itu masyarakat sudah mengenal kepercayaan pada tingkat awal. Mereka yakin bahwa ada hubungan antara orang yang sudah meninggal dan yang masih hidup. Mereka telah mengenal kepercayaan sistem penguburan sebagai bukti penghormatan terakhir kepada orang yang meninggal. Hal ini terbukti dengan didirikan kuburan sebagai bukti penghormatan terakhir pada orang yang meninggal. Hal ini menunjukkan bahwa telah muncul kepercayaan pada masa berburu dan meramu. Dengan penguburan berarti telah muncul konsep kepercayaan tentang adanya hubungan antara orang yang sudah meninggal dengan yang masih hidup. Manusia purba di Indonesia pada masa ini diperkirakan sudah mengenal bahwa jenazah manusia itu harus dikubur. Kesadaraan akan adanya kekuatan gaib di luar perhitungan manusia. Itulah yang menjadi dasar kepercayaan.


Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat dan jelas !

1.      Sebutkan pembagian zaman prasejarah di Indonesia menurut arkeolog!
2.      Sebutkan pembagian zaman prasejarah di Indonesia menurut Geologi!
3.      Sebutkan makhluk hidup yang sudah mulai hidup pada zaman Paleozoikum!
4.      Sebutkan ciri utama zaman batu muda!
5.      Jelaskan apa yang dimaksut dengan arkeologi!

Jawaban :                      
1.      Zaman batu dan zaman logam
2.      Arkaekum/ zaman tertua. Paleozoikum/zaman primer atau zaman hidup tua. Dan Mesozoikum/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan.
3.      Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung.
4.      Ciri utama zaman batu muda adalah manusia telah menghasilkan makanan atau menjadi pendukung food producing.
5.      Arkeologi adalah ilmu kepurbakalaan yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah purbakala manusia purba berupa benda-benda budaya, artefak untuk menyusun kembali (rekonstruksi) kehidupan manusia dan masyarakat purba.

Format Lembar Penilaian Diskusi (Kelompok)

Mata pelajaran             : Sejarah Indonesia
Sub Materi                  : Keterkaitan Konsep Manusia Hidup Dalam Ruang dan Waktu
Nama Kelompok         :
Anggota                      :
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama kelompok/ peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif

Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok (komunikasi)



3
Hasil tugas (relevansi dengan bahan)



4
Pembagian Job



5
Sistematisasi Pelaksanaan



Jumlah Nilai Kelompok











   Kriteria Penilaian

Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Sangat baik
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 



Format Lembar Penilaian Diskusi (Individu Peserta Didik)

Mata pelajaran             : Sejarah Indonesia
Sub Materi                  : Keterkaitan Konsep Manusia Hidup Dalam Ruang dan Waktu
Nama Kelompok :
Anggota :
            1.
            2.
            3.
            4.
            5.

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama kelompok/ peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



5.
Jiwa kepemimpinan



6.
Bermain peran



Jumlah Nilai Individu




Kriteria Penilaian

Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Sangat baik
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 



Lembar Penilaian Ketrampilan/ Keaktifan Dalam Diskusi

Mata pelajaran             : Sejarah Indonesia
Sub Materi                  : Keterkaitan Konsep Manusia Hidup Dalam Ruang dan Waktu
Nama Kelompok :
Anggota :
            1.
            2.
            3.
            4.
            5.

No
Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
1.
Bertanya (cara)


2.
Menjawab pertanyaan


3.
Kesesuaian dengan topik kajian


4.
Cara menyampaikan pendapat


5.
Antusiasme mengikuti pembelajaran





Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Sangat baik
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang
1


3 komentar:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus